Friday 7 March 2014

Jangan mengaku K-popers jika belum mengetahui 10 istilah dibawah ini

Posted by Unknown at 14:51
     Sering bingung sama istilah yang dipakai idola K-Pop kita saat lagi nonton talkshow atau drama Korea? Hapalkan beberapa istilah K-Pop ini, dijamin kita nggak bakal bingung lagi!


1. Oppa/ Unnie/ Hyung/ Noona/dongsaeng

     Pastinya kita pernah dengar beberapa idola K-Pop saling memanggil satu sama lain dengan tambahan kata oppa, unnie, hyung, noona dan dongsaeng setelah nama mereka disebut. Emang, apa sih artinya? Lewat panggilan oppa, unnie, hyung, noona dan dongsaeng ini kita jadi tahu siapa yang statusnya lebih tua dalam satu kelompok. 

     Panggilan ini dibedakan dari jenis kelamin siapa yang memanggil dan siapa yang dipanggil. Biasanya cewek akan memanggil cowok yang lebih tua dengan sebutan oppa, sementara unnie jadi panggilan cewek kepada cewek lain yang usianya lebih tua. Terus, istilah hyung digunakan cowok Korea untuk memanggil cowok lain yang lebih tua dan  noona jadi panggilan cowok Korea untuk cewek yang lebih tua. 

     Kalau dongsaeng : artinya “adik”, bisa digunakan untuk saudara sedarah atau teman dekat yang dianggap seperti saudara. Dongsaeng digunakan untuk segala gender.cuma kalau mau bedain cewek ma cowok biasanya di tambah YeoDongsaeng (adik cewek), NamDongsaeng (adik Cowok). Naaaahh biasanya orang indonesia itu sering banget nyingkat-nyikat kata jadi manggil ‘dongsaeng’ bilangnya Saeng doang padahal artinya tuh udah berbeda. Saeng itu bisa berarti siswa beda kan???? saeng juga biasanya digunakan untuk nama orang. Ups, ribet ya!

2. Sunbae/ Hoobae
Budaya Korea mengenal senioritas dan sangat menghormati orang yang lebih tua. Nah, biasanya istilah sunbae dan honbae digunakan untuk mengetahui siapa senior dan junior. Julukan sunbaemisalnya digunakan untuk kakak kelas atau senior di tempat kerja. Sementara, hoobae berarti junior.
3. Maknae 
Setiap boyband atau girlband pasti punya anggota termuda dalam grupnya. Kayak, Taemin yang merupakan anggota termuda Shinee dan Seohyun dikenal sebaga anak bungsu SNSD. Nah, anggota termuda ini yang disebut maknae. Istilah ini juga berlaku di keluarga, jadi kalau kita terlahir sebagai anak bungsu berarti kita termasuk maknae.
4. Ulzzang/ Momzzang
Ngerasa cantik, tampan, dan punya badan seksi? Well, mungkin sebutan ullzang dan momzangcocok buatmu. Istilah ullzang diambil dari kata (ul gool) face dan (zzang) best, biasanya digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang cantik atau tampan. Sementara, momzzang digunakan untuk menyebut seseorang yang memiliki bentuk badan keren. Tahu nggak sih, ternyata banyak seleb Korea yang dulunya dikenal sebagai ulzzang di internet sebelum terkenal dan akhirnya direkrut oleh agensi. Qri dari girlband T-Ara misalnya, terkenal sebagai ulzzang sebelum bergabung dengan grupnya.
5. Aegyo 
Kalau nonton variety show atau talkshow K-Pop, pasti udah hapal banget sama istilah satu ini. Aegyojadi sebutan buat seseorang yang melakukan tindakan dan gaya yang menggemaskan atau cute,kayak puppy eyes atau merengek manja. Saking populernya aegyo dalam budaya Korea, ada permainan gwiyomi yang mengharuskan para pemain menampilkan aegyo terbaik. Sunny SNSD dan G Dragon merupakan beberapa seleb yang jago banget memainkan gwiyomi, lho.
6. Minnat
Untuk membuktikan kecantikan wajah aslinya, para K-Pop Idol yang seringkali membuat selfie dengan menampilkan wajah tanpa makeup. Nah, wajah tanpa make up ini yang disebut dengan minnat. Tapi, banyak rumor beredar yang bilang, kalau sebenarnya para seleb ini tetap menggunakan makeupyang natural yang terkadang susah dibuktikan.
7. Dongan/ No-an
Masih ngomongin wajah, Korea juga punya istilah dongan dan no-an. Dongan jadi sebutan buat orang-orang yang memiliki wajah lebih muda daripada umurnya. Kayak Jang Na Ra (33) dan Dara 2Ne1 (29). Sementara no-an berarti sebaliknya, yaitu orang yang memeliki wajah lebih tua dari umurnya. Contohnya, aktor Choi Jin Hyuk yang wajahnya saat umur 20 tahun dianggap 29 tahun. Kasihan…
8. Daebak
Istilah daebak biasa digunakan orang-orang Korea sebagai ungkapan rasa kagum yang spontan.Daebak bisa berarti ungkapan “wow”. Makanya nggak cuma mengungkapkan pujian, daebak juga digunakan untuk kalimat sarkastik.
9. Aigoo/ Omo
Pada dasarnya omo dan aigoo memiliki arti yang sama sebagai ekspresi, oh my gosh. Biasanya omodigunakan untuk mengungkapkan rasa kaget atau speechless. Sementara aigoo lebih sering digunakan untuk mengekpresikan rasa frustrasi atau kecapekan.
10. Jinjja 
Sering dengar kata jinjja? Istilah ini sering banget digunakan dalam drama Korea atau saat K-Pop Idol diwawancara di variety show. Kata Jinjja ini kalau diterjemahkan berarti really, seriously, atau bahasa yang sering kita pakai ‘beneran nih’Biasanya sih, jinjja dipakai kalau kita hendak menanyakan apakah sesuatu benar-benar terjadi atau memberikan statement yang tegas tentang sesuatu.

     Sekarang, kita udah makin tahu banyak nih berbagai istilah Korea. Jadi, nggak ada ceritanya bengong gara-gara nggak ngerti waktu nonton drama Korea dong!

0 comments:

Post a Comment

 

Summer Bee Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review