Thursday 6 June 2013

(Guksu) Mie Khas Negeri Gingseng, Korea Selatan

Posted by Unknown at 19:11
     Sama halnya dengan orang China atau Jepang yang gemar menyantap mie, orang Korea juga hobi mengkonsumsi mie. Setidaknya ada 12 jenis mie khas Korea yang dipakai sebagai bahan baku untuk membuat berbagai macam resep mie. Tentu OpenRicers kenal dengan menu japchae, jajangmyun, bibimguksu, mul naeng myun atau kong guksu. Masakan tersebut dibuat dari salah satu mie khas Korea. Apa saja 12 jenis mie khas Korea tersebut, mari simak satu per satu ya.

1. Dangmyeon




Dibuat dari tepung ubi jalar, berwarna abu-abu. Mie yang serupa dengan dangmyeon adalah cellophane noodles berwarna lebi putih. Sering dipakai untuk membuat resep japchae. Mie pengganti untuk membuat japche adalah soun jika OpenRicers tidak menemukan jenis mie ini di Indonesia. 



2. Memil guksu




Mie ini memiliki warna yang sama dengan dangmyeon hanya saja bentuknya seperti pasta angel hair. Di Jepang jenis mie ini disebut mie soba. Dibuat dari tepung gandum hitam atau tepung soba. 


3. Olchaengi guksu




Sering dikonsumsi oleh penduduk yang tinggal di dataran tinggi seperti daerah Gangwon. Mie ini dibuat dari jagung yang dikeringkan lalu dihaluskan menjadi tepung.


4. Gamja guksu




Mie ini dibuat dari tiga jenis tepung yaitu, tepung kentang, tepung ketan dan tepung beras. Dipakai untuk membuat jajangmyun atau kong guksu. Bentuknya mirip dengan spaghetti. 


5. Dotori guksu




Mie ini cukup unik, dibuat dari biji pohon ek atau oak yang dihaluskan menjadi tepung. Biji oak sendiri jika diolah dengan cara yang kurang tepat justru akan menimbulkan efek racun. 


6. Chilk guksu




Bahan untuk membuat memil guksu yang dicampur dengan sari pati akar kudzu akan menghasilkan jenis mie yang disebut chilk guksu. Biasa dipakai untuk membuat jenis mie dingin.


7. Kkolttu guksu




Tepung soba sangat sering dipakai untuk membuat berbagai jenis mie. Selain dicampur untuk membuat chilk guksu, tepung soba juga dipakai untuk membuat kkolttu guksu yang ditambahkan tepung gandum.


8. Cheonsachae




Dibuat dari hasil merebus kombu (sejenis rumput laut yang agak berlendir) dengan mengambil ekstraknya yang berbentuk jelly. Kemudian dicampur dengan tepung beras dan diuleni sampai kalis. Mie ini memiliki warna yang transparan dengan tekstur cukup kenyal. Biasanya dipakai dalam resep salad sebagai garnish. 


9. Hobak guksu


Banyak bahan yang dipakai orang Korea untuk membuat mie, biasanya tergantung dari hasil panen musiman. Ketika panen labu tengah berlangsung, labu yang dikeringkan dan dihaluskan seperti tepung dipakai untuk membuat hobak guksu dengan mencampur bersama tepung gandum. 


10. Ssuk kalguksu




Mie ini termasuk mie yang cukup sehat, dibuat dari tepung gandum yang dicampur dengan sejenis tanaman herbal bernama Artemisia princeps. Karena memakai herbal, maka rasa mie tentu berasal dari rasa asli tumbuhan tersebut yang di Indonesia disebut tanaman barucina. 



11. Somyeon


Mie super tipis yang dibuat dari tepung gandum. Mirip seperti mie somen dari Jepang dengan tekstur kenyal dan licin. Mie jenis inilah yang cukup sering dipakai dalam resep guksu (mie), salah satunya resep bibimguksu.

12. Gamjanongma guksu

Adalah mie lokal dari Provinsi Hwanghae yang dibuat dari sari pati ubi jalar. Hampir mirip dengan dangmyeon hanya saja memiliki ciri khas Hwanghae. 

     Beberapa mie tersebut sudah bisa ditemukan di Indonesia terutama di swalayan-swalayan yang menjual bahan-bahan masakan Korea. Namun jika tidak ada OpenRicers jangan ragu untuk mengganti dengan mie lokal yang teksturnya hampir mirip ya. mian kalau keterangan gambarnya salah, soalnya admin cari di google :)

0 comments:

Post a Comment

 

Summer Bee Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review